Abstract :
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap minat beli pada PT. Inoac Sinar Maju. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden adalah pelanggan dari PT. Inoac Sinar Maju pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan pengolahan data penelitian ini menggunakan SPSS versi 21. Teknik sampling yang dipakai adalah rumus Slovin. Model penelitian yang digunakan yaitu model penelitian deskriptif dimana menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai faktor-faktor yang diteliti. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dengan nilai rhitung dan uji reliabilitas dengan Cronbach?s Alpha. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil dari pengolahan data diperoleh persamaan linear berganda Y = 0,537
+ 0,370 X1 + 0,378 X2, artinya setiap peningkatan atau penurunan citra merek sebesar 1 poin, maka minat beli pada PT. Inoac Sinar Maju akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,370, dan setiap peningkatan atau penurunan harga sebesar 1 poin, maka minat beli pada PT. Inoac Sinar Maju akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,378.
Selain menghitung pengaruh antar variabel bebas dengan variabel terikat, pada penelitian ini dihitung pula hubungan antar variabel. Korelasi antara citra merek dengan minat beli sebesar 0,537 dan korelasi antara harga dengan minat beli sebesar 0,529, maka dapat dikatakan hubungan antara citra merek dengan minat beli adalah sedang dan positif, hubungan antara harga dengan minat beli adalah sedang dan positif
Dari hasil uji F, model 1 didapat nilai 39,662 dan model 2 didapat niai 39,422 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel sebesar 3,09, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji t didapat thitung citra merek sebesar 5,036, dan thitung harga sebesar 4,890, dimana nilai tersebut lebih besar dari ttabel sebesar 1,984, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara citra merek dan harga terhadap minat beli.