Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Selistiawati, Hilda
Subject
657.7 Akuntansi Modal, Aset, Kas, Inventaris dan Leasing
Datestamp
2022-12-14 07:23:35
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Leverage,Tunneling incentive, dan Intangibel assets terhadap keputusan Transfer pricing. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang telah sahkan oleh perusahaan tertentu yaitu pada perusahaan Food and Baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2020.
Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan dengan menggunakan periode selama 5 tahun periode pengamatan berturut-turut sehingga total sampel sebanyak 40. Data penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 dengan uji statistik deskriptif, uji Aaumsi klasik, dan Uji hipotesis.
Hasil analisis asumsi klasik pada regresi linier berganda yang dilakukan menunjukkan bahwa pada variabel Leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan Transfer Pricing dengan nilai signifikansi sebesar 0,054 yang signifikan, dan sedangkan variable Tunneling Incentive tidak memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,144 dan untuk variable Intangibel Assets tidak memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,170 sehingga tidak dapat berpengaruh terhadap keputusan Transfer Pricing.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Tunneling Incentive dan Intangibel Assets tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan Transfer Pricing dan untuk Leverage memiliki pengaruh untuk keputusan Transfer Pricing.