Abstract :
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana harga, kelengkapan produk, dan promosi yang saling memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada PT. Samudra Teknik Sejahtera. Pemilihan sampel didasarkan pada rumus limeshow karena populasinya tidak diketahui secara pasti dan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang dioperoleh melalui hasil kuesioner yang dijawab oleh responden.
Metode yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda sehingga dapat disimpulkan bahwa, variabel harga terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai thitung 10,527 > ttabel 1,98498 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian ini secara statistik membuktikan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai thitung 5,247 < ttabel 1,98498 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan pengujian ini secara statistik membuktikan kelengkapan produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, selanjutnya variabel promosi terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai thitung 2,993 > ttabel 1,98498 dengan taraf signifikansi 0,004 < 0,05, maka dapat disimpulkan pengujian ini secara statistik membuktikan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Besumber pada tabel koefisien diperoleh persamaan linier Y = 3,204 + 0,725X1 + 0,366X2 + 0,140X3 + e artinya setiap peningkatan atau penurunan harga, kelengkapan produk sebesaio 1 poin, maka keputusan pembelian akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,725 untuk harga, 0,366 untuk kelengkapan produk dan 0,140 untuk promosi.
R Square diperoleh sebesar 0,886 atau 88,6%, yang artinya besarnya pengaruh harga, kelengkapan produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 88,6% dan sisannya 11,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan tabel ANNOVA diperoleh nilai Fhitung 249,643 > Ftabel 2,699 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hasil uji F menunjukan bahwa seluruh variabel idependen yaitu harga, kelengkapan produk, dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap variabel depeden yaitu keputusan pembelian.