DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERENCANAAN PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2020)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Kristina, Tini
Subject
658.1511 Akuntansi Manajerial 
Datestamp
2023-03-14 07:39:34 
Abstract :
Manajemen laba merupakan masalah yang sering terjadi di perusahaan dan salah satu upaya perusahaan untuk membuat akun keuangan mereka tampak menarik dengan menyajikannya dengan cara tertentu. Laba menunjukkan bahwa bisnis telah dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, manajemen berusaha untuk memenuhi tujuan laba agar dapat memperoleh laba dari apa yang telah dilakukannya. Hal ini menyebabkan tindakan manajemen laba yang dilakukan oleh manajemen untuk menarik investor untuk kepetingan pribadi manajemen. Ada berbagai kasus manajemen laba yang terjadi di Negara ini dan meyebabkan kerugian bagi pihak yang membutuhkan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, perencanaan pajak, ukuran bisnis dan leverage terhadap manajemen laba. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan manufaktur sub sektor manakan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengambilan sampel adalah purpose samling dan didapat sampel 11 perusahaan manufaktur berdasarkan kriteria terpilih, sehingga diperoleh 44 laporan keuangan sebagai observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan untuk pengolahn data menggunakan SPSS Versi 24. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menunjukan bahwa Pertumbuhan Penjualan berpengaruh pada manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,010, Perencanaan Pajak tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,869, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi 0,519 dan Leverage tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi 0,191. Dan Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh simultan terhadap Manajemen Laba dengan nilai signifikan 0.023. 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma