DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKOPEDIA (STUDI PADA PENGGUNA TOKOPEDIA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Adhitama, Ariya
Subject
651.9 Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu 
Datestamp
2023-03-10 02:30:38 
Abstract :
Kepuasan pelanggan di awali dengan perasaan senang atau kecewa seorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) dan harapan ? harapan yang timbul karena adanya berbagai faktor yang mempengaruhi. Kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga merupakan salasatu faktor yang memiliki pengaruh terhdap kepuasan pelanggan. Selain variabel yang telah disebutkan tentu masi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui permasalahan yang terjadi di Tokopedia, khususnya mengetahui permasalahan mengenai pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Analisis data dilakukan dengan di sebarnya secara acak terhadap 100 responden. Program yang digunakan adalah SPSS versi 26. R Square untuk model 1 menunjukan angka R Square sebesar 0,734. Maka pengaruh kualitas pelayaan, fasilitas, dan harga terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 73,4% sedangkan sisanya (100% - 73,4% = 26,6%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Untuk nilai t diketahui bahwa thitung kualitas pelayanan (X1) adalah 2,031 dari ttabel 1,661, thitung fasilitas (X2) adalah 4,132, Harga (X3) adalah 4,776, dengan signifikansi Kualitas pelayanan (X1) adalah 0,045, fasilitas (X2) dan harga (X3) adalah 0,000 di bawah 0,05 artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan Tokopedia. Untuk fhitung untuk model 1 adalah 88,146 dan Ftabel adalah 3,09. Apabila hasil dari perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 88,146 > 3,09 dan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap kepuasan Pelanggan. 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma