Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu berpengaruhkah kualitas pelayanan, variasi produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada aplikasi online shop Shopee (study kasus karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri pada pengguna aplikasi Shopee). Metode yang dipergunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 104 responden pada PT. Sinwa Perdana Mandiri.
Dari hasil data yang diolah oleh penulis dengan IBM SPSS 24.0 didapatkan persamaan linear berganda Y = -1,662 + 0,397 X1 + 0,257 X2 + 0,382 X3, yang dimana setiap terjadi suatu peningkatan atau penurunan kualitas pelayanan sebesar 1 poin, yang artinya kepuasan konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri akan terjadi peningkatan atau penurunan sejumlah 0,397, dan setiap terjadi suatu peningkatan atau penurunan variasi produk sebesar 1 poin, yang artinya kepuasan konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri akan mengalami suatu peningkatan atau penurunan sejumlah 0,257, lalu dari peningkatan atau penurunan harga sebesar 1 poin, yang artinya kepuasan konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri terjadi suatu peningkatan atau penurunan sejumlah 0,382.
Lewat penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukan hasil yang positif atau kuat diantara setiap hubungan variabel Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Dengan kata lain kesimpulan dari penelitian ini yaitu variabel Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, dan Harga dapat mempengaruhi Kepuasan Konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri pengguna aplikasi Shopee.