Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi persoalan pada Ojek Online, khususnya mengenai efek kualitas layanan, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan ojek online (Grab) di kota Tangerang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dimana kuesioner disebarkan secara random terhadap 100 responden. Analisa keterangan yang digunakan pada penelitian ini adalah perolehan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regrasi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Variabel yang digunakan adalah kualitas layanan (X1), harga (X2), promosi (X3), dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat (Y). Perolehan dari analisis tersebut diperoleh persamaan Y= 4.473 + 0,154X1 + 0.332X2 + 0,353X3 + e. R Square pada variabel independen menunjukkan angka 0.715 yang merupakan perolehan pengkuadratan nilai koefisien korelasi (0.845 X 0,845). Hal ini berarti pengaruh variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y) sebesar 71.5 % sedangkan sisanya (100% - 71.5% = 28.5%) disebabkan oleh faktor-faktor lain.
Kualitas layanan mendapatkan nilai thitung sebesar 2.935 dimana nilai 2.935 > 1.9872 dengan nilai signifikan sebesar 0.04 dimana nilai 0.04 < 0.05 sehingga H1 diterima. Harga mendapatkan nilai thitung sebesar 5.972 dimana nilai 5.972 > 1.9872 dengan nilai signifikan sebesar 0.00 dimana nilai 0.00 < 0.05 sehingga H2 diterima. Promosi mendapatkan nilai thitung sebesar 4.300 dimana nilai 4.300 > 1.9872 dengan nilai signifikan sebesar 0.00 dimana nilai 0.00 < 0.05 sehingga H3 diterima. Dari perolehan uji ANOVA didapat Fhitung sebesar 80.163 dimana Fhitung > Ftabel dengan nilai 80.163 > 2,70, dengan nilai signifikan sebesar 0.00 dimana nilai 0.00 < 0.05 sehingga dapat diasumsikan setiap variabel independen (X) secara bersama-sama berimbas signifikan terhadap variabel dependen (Y).