Abstract :
Radio adalah salah satu media komunikasi sosial melalui saluran elektronik yang
mudah didengar oleh sang pendengar dewasa anak muda. Dalam penelitian tersebut,
penulis akan mengulas dari beberapa teori yang akan dikemukakan adalah teori
komunikasi massa yang mampu berdekatan erat dengan istilah penyiaran radio dalam
mendekati segmentasi pendengar dewasa anak muda. Star Radio harus memiliki
strategi yang kreatif mudah dipahami dalam memberikan penyajian informasi terbaru
untuk menarik perhatian pendengar dalam menyampaikan pesan. Segmentasi yang
dilakukan peneliti program acara break time yang kekinian dan mampu memberikan
rekomendasi informasi terbaru bagi pendengar dewasa muda. Dalam penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara medalami dari
berbagai narasumber yang relevan dan akurat, dengan menggunakan metode
wawancara, observasi untuk melengkapi penelitian dengan narasumber. Analisis
yang digunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan bagaimana strategi
program yang dilakukan oleh Star Radio. Hasil penelitian yang dilakukan dapat
mengetahui bagaimana strategi program break time star radio 107.3 fm dalam
mendekati segmentasi pendengar dewasa anak muda. Kesimpulan dari penelitian
tersebut adalah segmentasi yang diberikan oleh sang pendengar dewasa muda adalah
menyajikan informasi terkini dengan pembawaan santai namun informatif dan akan
mengulas kendala yang terjadi dalam program break time untuk mendekati
segmentasi dewasa anak muda.
Kata Kunci : Komunikasi Massa, Strategi Komunikasi, Radio dan Segmentasi
Pendengar, Metode Kualitatif