Abstract :
Penelitian inibertujuanuntuk mengetahui dan menganalisa motif kognitif dan
motif afektif penggunaan media sosial Instagram di kalangan mahasiswa Ilmu
Komunikasi Universitas Buddhi Dharma. Penelitian ini menggunakan paradigma
kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek
penelitian berjumlah 5 orang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi
Universitas Buddhi Dharma yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan
studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis data
interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan
bahwa: 1) Motif kognitif penggunaan Instagram di kalangan mahasiswa
menunjukan adanya pemenuhan kebutuhan informasi berasal dari pertukaran
informasi (sharing) yang menjadi sisi menarik Instagram, adanya kebutuhan
mencapai tingkat ideasional dengan melakukan penyortiran konten sehingga apa
yang ditampilkan merupakan pencitraan ideal serta mencapai tingkat emosional
sebagai upaya mencari perhatian sekaligus memenuhi kesenangan emosional. 2)
Motif afektif penggunaan media sosial Instagram ditunjukan melalui keinginan
memperoleh pengalaman baru berdasarkan konten orang lain, keinginan
mendapatkan respon pada konten yang diunggah, keinginan akan pengakuan atas
image pemilik akun sehingga mendorong realitas semu, serta keinginan akan rasa
aman berupa perasaan tenang ketika menggunakan Instagram.