Abstract :
Dunia bisnis mengalami perkembangan yang pesat. Segala kebutuhan dan
keinginan manusia yang meningkat dan beragam membuat perusahaan harus
mampu mengikuti pergeseran budaya dan perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi saat ini. Salah satunya kegiatan belanja daring melalui aplikasi mobile,
yaitu platform e-commerce Shopee. Penelitian ini membahas mengenai ?Peran Duta
Merek Grup Musik Wanita Korea Blackpink Untuk Brand Awareness Shopee?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran duta merek grup musik wanita
Blackpink untuk kesadaran merek Shopee. Penelitian ini menggunakan teori
komunikasi pemasaran, duta merek, kesadaran merek dan keputusan AIDA.
Penyusunan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
analisis deskriptif, yang berusaha menjabarkan kutipan fakta secara sistematis.
Proses pengumpulan data, dilakukan melalui observasi online, tinjauan pustaka,
dokumentasi dan wawancara dengan 6 (enam) narasumber. Hasil penelitian ini
menyatakan Shopee berhasil memberikan diferensiasi produknya dengan pesaing
lainnya, seperti Shopee mall, fitur live chat, free ongkir. Peran Blackpink sebagai
duta merek Shopee telah sesuai dan memenuhi syarat dalam indikator transference,
kesesuaian, kredibilitas, daya tarik dan power.. Berdasarkan kategori kesadaran
merek, Shopee telah berada di tahap pemanggilan merek (brand recall) dengan
keberhasilan dalam melibatkan Blackpink sebagai duta merek untuk mengingat
brand Shopee. Sikap pengguna Shopee juga menyatakan bahwa pemilihan dan
peran Blackpink sebagai duta merek dinilai efektif karena membentuk perilaku
pengguna dalam memperoleh informasi dan pesan yang disampaikan oleh Shopee,
khususnya dalam menggunakan dan melakukan aktivitas jual-beli produk.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Kesadaran Merek, Duta Merek