DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LEVERAGE, OPINION SHOPPING DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Suttanta, Gotama
Subject
657.45 Audit Keuangan 
Datestamp
2023-03-02 03:33:55 
Abstract :
Setiap perusahaan baik itu kecil maupun besar tentunya akan berusahauntuk mendapatkan opini unqualified, untuk mendapatkan opini yang unqualified biasanya dilihat dari keadaan laporan keuangan, apakah didalam laporan keuangan terjadi kerugian. Jika perusahaan mengalami kerugian maka peluang mendapatkan opini audit going concern semakin besar. Selain itu banyak perusahaan yang tidak ingin mendapatkan opini audit going concern karena dengan mendapatkan going concern maka dapat menyebabkan berkurangnya investor yang akan berinvestasi di perusahaan yang mendapatkan opini going concern dalam laporan keuangannya. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 sampel dari 24 perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern, sedangkan opinion shopping tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma