DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN MELAKUKAN TRANSFER PRICING Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 - 2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Fedrianto, Fedrianto
Subject
657.46 Akuntansi Perpajakan 
Datestamp
2023-03-02 03:09:51 
Abstract :
Transfer pricing merupakan upaya penghindaran pajak dengan transaksi antarpihak terdapat hubungan istimewa yang tidak sesuai dengan ketentuan perpajakan, transaksi perusahaan yang memiliki hubungan dengan kepemilikian saham untuk melakukan tunneling dan untuk meningkatkan kinerja, sehingga laba yang dihasilkan setiap tahunnya semakin tinggi dengan perhitungan mekanisme bonus perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan melakukan transfer pricing pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan adalah perusahaan indeks LQ45 tahun 2016-2018 yang berjumlah 45 perusahaan dengan sampel penelitian yang didapatkan berjumlah 14 perusahaan. Penelitian dilakukan dengan analisis regresi linier dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan kondisi 10,728 > 2,85. Pajak menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, tunneling incentive dengan nilai signifikan 0,102 > 0,05, dan mekanisme bonus dengan nilai signifikan 0,049 < 0,05. Penelitian ini menunjukan bahwa pajak dan mekanisme bonus berpengaruh terhadap transfer pricing. Sedangkan tunneling incentive menunjukkan tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Secara simultan pajak, tunneling incentive dan mekanisme bonus berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma