DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SALES GROWTH, TAX PLANNING DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Plastik dan Kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Verninda, Leony
Subject
657.46 Akuntansi Perpajakan 
Datestamp
2023-03-03 03:03:36 
Abstract :
Manajemen laba merupakan proses untuk mengambil langkah tertentu yang disengaja dalam batas-batas prinsip akuntansi berterima umum untuk menghasilkan tingkat yang diinginkan dari laba yang dilaporkan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga variabel yaitu sales growth, tax planning dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sales growth, tax planning dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar dibursa efek Indonesia tahun 2014-2018. Data yang digunakan dalam peneltian ini merupakan data sekunder dari data laporan keuangan perusahaan yang terdaftar dibursa efek Indonesia. Sampel data dalam penelitian ini menggunakan 8 perusahaan yang konsisten mempublikasikan laporan keuangannya di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan yaitu uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sales growth menunjukan nilai < dari 0,05 yang dapat diartikan bahwa sales growth berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan untuk variabel tax planning dan ukuran perusahaan menunjukan nilai > dari 0,05 yang berarti kedua variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Sales Growth, Tax Planning, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba. 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma