DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. FRADISIL JAYA HEIWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Wijaya, Alicia
Subject
658.83 Analisis Pemasaran 
Datestamp
2023-03-13 06:10:05 
Abstract :
Perilaku pembelian seseorang atau minat beli seseorang dalam memilih atau membeli suatu produk dipengaruhi oleh banyak faktor. Setiap orang atau individu tentu memiliki selera atau penilaian yang berbeda-beda. Kualitas produk dan harga merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen, selain dari variabel-variabel tersebut masih banyak faktor lain yang mempengaruhi perilaku pembelian tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk PT. Fradisil Jaya Heiwa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan harga, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat beli konsumen. Hasil dari pengolahan data diperoleh persamaan linear berganda Y = 10,989 + 0,437 X1 + 0,325 X2, artinya setiap peningkatan atau penurunan kualitas produk sebesar 1 poin, maka minat beli konsumen pada PT. Fradisil Jaya Heiwa akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,437 dan setiap peningkatan dan penurunan harga 1 poin, maka minat beli konsumen pada PT. Fradisil Jaya Heiwa akan mengalami peningkatan dan penurunan sebesar 0,325. Selain menghitung pengaruh antar variabel bebas dengan variabel terikat, pada penelitian ini dihitung pula hubungan antar variabel. Korelasi antara kualitas produk dengan minat beli konsumen sebesar 0,593 dan korelasi antara harga dengan minat beli konsumen sebesar 0,554, maka dapat dikatakan hubungan antara kualitas produk dengan minat beli konsumen adalah sedang dan positif, hubungan antara harga dengan minat beli konsumen adalah sedang dan positif. Dari hasil uji F, model 1 didapat nilai 17,875 dan model 2 didapat nilai 14,253 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel sebesar 3,29, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil ujian t didapat thitung kualitas produk sebesar 3,151 dan thitung harga sebesar 2,692, dimana nilai tersebut lebih besar dari ttabel sebesar 1,692, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Minat Beli Konsumen 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma