DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN, TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. PROTEKINDO MITRA UTAMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Buddhi Dharma
Author
Iroth, Michael Christofel
Subject
658.56 Manajemen Analisa Produk 
Datestamp
2023-03-13 03:08:14 
Abstract :
Loyalitas Pelanggan terhadap suatu produk dapat dipengaruhi banyak faktor. Setiap masing-masing individu mempunyai penilaian yang berbeda-beda terhadap sesuatu produk. Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, selain itu masih ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi Loyalitas Pelanggan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli produk PT. Protekindo Mitra Utama. Dengan pengambilan sampel sebanyak 65 orang responden. Analisis data dilakukan melalui uji hipotesis, uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, dan analisis koefesien determinasi (R²) dalam mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikansi Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Protekindo Mitra Utama dan untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh paling dominan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) yaitu Kualitas Produk, berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) yaitu Loyalitas Pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,624 (kuat). Variabel (X2) yaitu Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) Loyalitas Pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,378, (cukup kuat). Variabel (X1) Kualitas Produk dan Variabel (X2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikan keduanya yang cukup kuat. Hasil hitung dari nilai uji F model 1, didapat nilai 40,088 dan model 2 didapat nilai 23,816, dimana nilai tersebut lebih besar dari F tabel sebesar 3,14, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan positif antara variabel Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dari hasil uji t didapat thitung Kualitas produk sebesar 5,652 dan thitung Kualitas pelayanan sebesar 2,236, dimana nilai tersebut lebih besar dari 1,998, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Kualitas produk dan Kualitas pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan. 
Institution Info

Universitas Buddhi Dharma