Abstract :
Skripsi ini membahas Peran guru dalam pembelajaran anak usia dini di Era
digital padaKelompok B TK Sipurio Sipurennu Kecamatan Awangpone Kabupaten
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi guru di era digital TK
Sipurio Sipurennu Kec.Awangpone dan untuk mengetahui tentang pembelajaran di
era digital di TK Sipurio Sipurennu Kec.Awangpone.
Penelitian
ini
merupakan
penelitian
lapangan
yang
bersifat
kualitatif.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
paedagogik dan pendekatan psikologis.Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajarananak usia dini di era
digital kelompok B TK Sipurio Sipurennu terdapat enam hal yang saling berkaitan
yaitu guru berperan sebagai mediator, motivator, director, fasilitator, evaluator, dan
yang terakhir sebagai organisator peran tersebut dilakukan oleh pendidik dalam
melaksanakan proses kegiatan agar berlangsung dengan baik. sedangkan dalam
pembelajaran di era digital dilihat dari segi manfaat pembelajaran dilakukan padaera
digital meliputi komunikasi, meningkatkan peran layanan publik, sumber informasi,
pembelajaran jarak jauh, jejaring sosial dan juga bangun kreatifitas di lakukan oleh
pendidik atau guru kelas pada peserta didik pada anak kelompok B1 dan Kelompok
B2 hal tersebut dilakukan pada masa pandemi yang sistemnya dilakukan secara
online, pada era digital ini kecanggihan teknologi dimanfaatkan sebaik mungkin oleh
pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada anak, selain itu diharapkan
kepada pendidik yang bekerjasama dengan orang tua wali anak dalam
mengontrol/mendampingi anak dalam melaksanakan tugas atau kegiatan yang
diberikan oleh guru kelas masing-masing dengan baik.