Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai
Penerapan Analisis SWOT dalam
Penyusunan Program Tahunan Pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Hal-hal pokok yang dikaji dalam
skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan analisis SWOT di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka? (2) Faktor apa yang menyebabkan program tahunan pendidik di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka membutuhkan analisis SWOT? (3) Mengapa
analisis SWOT mempengaruhi efektivitas penyusunan program tahunan pendidik di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka?
Dalam memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan manajemen, sosiologis, dan
psikologis. Data dikumpulkan menggunakan riset lapangan (field research) dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu,
tahap reduksi data, penyajian data (data display) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan analisis SWOT di
MTs AL-Faaizun Watang Palakka dilakukan dengan menganalisis 4 unsur yaitu
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dan dilaksanakan dengan baik. Kedua,
faktor penyebab program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
membutuhkan analisis SWOT, yaitu untuk menyesuaikan potensi yang dimiliki oleh
madrasah agar pencapaian materi dan kompetensi dasar mempunyai alokasi waktu
yang cukup. Ketiga, pengaruh analisis SWOT terhadap efektivitas penyusunan
program tahunan pendidik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka memberikan pengaruh
positif, penyusunan program tahunan pendidik menjadi lebih efektif dan sistematis.