Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Sinergitas Budaya Dan Agama Dalam Film
Uang Panai Di Media Sosial Youtube yang menfokuskan penelitian ini pada nilai
budaya dan agama serta korelasinya antara budaya dan agama. Masalah ini
dikembangkan atas tiga sub yakni Bagaimana nilai budaya, bagaimana nilai agama,
dan korelasinya antara nilai agama dan budaya. Dilatar belakangi oleh kondisi
masyarakat yang tidak begitu mementingkan permasalahan tentang gaya dan trend
serta berlomba-lomba dalam hal angka tertinggi, yang selalu di sepelehkan dan
menganggap bisa melakukannya.
Dalam skrisi ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes,
dengan pendekatan antropologi, dan pendekatan agama dibahas dengan metode
deskriptif kualitatif. Menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi
dan dokumentasi, setelah analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam film ini mengajarkan tentang
budaya yang menjadi ciri khas dalam sebuah prosesi perkawinan yang menjadi
pembicaraan tentang uang panai terutama dalam suku Bugis-Makassar, dalam film ini
menceritakan sebuah arti nilai budaya dan agama yang dimana nilai budayanya yaitu
keluarga yang harmonis, ramah, mufakat uang panai, membahas tentang pernikahan,
dan pernikahan, sedangkan nilai agamanya yaitu: tolong-menolong, menasehati,
meminta maaf, dan berani bertanggung jawab, serta korelasi antara nilai budaya dan
agama dalam film ini yaitu: nilai sosial, nilai kepribadian, nilai relegius, dan nilai
pengetahuan. Yang menjadi implikasi dalam penelitian ini yaitu: penonton dan
menfilter serta menerima nilai-nilai yang terkandung dalam film, dan juga penelitian
ini mampu menjadi sebuah pembelajaran dalam menyikapi sebuah nilai-nilai yang
terkandung dalam film ini.