Abstract :
Skripsi ini membahas tentang peran manajemen sekolah menunjang
implementasi kurikulum 2013 terhadap pembinaan karakter siswa di SD Inpres 12/79
Ulo . Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field
research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi dan
wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang manajemen sekolah, implementasi kurikulum
2013, Pembinaan Karakter Siswa, dan pengaruh manajemen sekolah menunjang
implementasi kurikulum 2013 terhadap pembinaan karakter siswa di SD Inpres 12/79
Ulo. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengumpulan data
dengan menggunakan interpretasi data.
Hasil penelitian ini pertama, Penerapan manajemen sekolah dalam kurikulum
di SD Inpres 12/79 Ulo seiring dengan terapkannya kurikulum 2013 ini ada beberapa
faktor penghambat yakni masih kurangnya pemahaman guru terhadap dalam Media
atau alat yang digunakan untuk proses pembelajaran sedangkan dalam menjalankan
sepenuhnya dengan baik kurikulum 2013 ini yang pertama harus dipenuhi adalah alat
atau media yang digunakan guru untuk bias menjalankan proses pembelajaran dengan
baik sebagaimana yang harus di kembangkan dalam kurikulum 2013. Kedua,Terkait
dengan pelaksanaan kurikulum 2013 untuk pembinaan karakter siswa di SD Inpres
21/79 Ulo berdasarkan pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan di SD
Inpres 21/79 Ulo pendidik sudah menanamkannya pada peserta didik dalam
pembelajaran dan dalam setiap mata pelajaran para pendidik selalu mengaitkannya
dengan mata pelajaran yang di ajarkanya terkuhsusnya mata pelajaran umum itu adalah
salah satu bentuk cara pembinaan karater siswa di SD Inpres 21/79 Ulo.