Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai probabilitas masyarakat muslim pedesaan dalam
berbelanja di minimarket dengan pendekatan maslahah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat muslim berbelanja di
minimarket, karakteristik masyarakat berbelanja di minimarket serta tingkat
probabilitas masyarakat berbelanja di minimarket. Data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data primer. Variabel yang digunakan yakni produk halal, harga,
umur, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan sebagai varibel independen dan
berbelanja di minimarket sebagai variabel dependen.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
keilmuan.Menggunakan pendekatan regresi logistik dengan bantuan sofwere SPSS 26
untuk menguji data dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden.
Dari hasil uji yang telah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa variabel umur
berpengaruh signifikan terhadap berbelanja di minimarket dengan nilai sig 0,022<
0,05. Berdasarkan karakteristik umur yaitu semakin tinggi tingkat umur seseorang
maka semakin tinggi minat berbelanja di minimarket. Adapun tingkat probabilitas
masyarakat muslim berbelanja di minimarket sebesar 0,96 atau 96%.