Abstract :
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara manajemen waktu dengan
prestasi belajar di MTs Negeri 1 Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam
skripsi ini adalah 1) bagaimana manajemen waktu di MTs Negeri 1 Bone 2)
bagaimana prestasi belajar di MTs Negeri 1 Bone 3) bagaimana hubungan antara
manajemen waktu dengan prestasi belajar di MTs Negeri 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini
menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah
menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang hubungan
antara manajemen waktu dengan prestasi belajar di MTs Negeri 1 Bone. Dalam
menganalisis data, penulis menggunakan rumus proporsi atau persentase dan korelasi
product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen waktu di MTs 1 Bone
adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang
dibagikan kepada 35 responden mengenai manajemen waktu. Rata-rata jawaban
responden adalah 46,25. Angka 46,25 berada pada kategori cukup baik yang terletak
pada interval antara 42-50. Sedangkan prestasi belajar di MTs Negeri 1 Bone adalah
cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan
kepada 35 responden mengenai prestasi belajar. Rata-rata dari jawaban responden
adalah 49,14. Angka 49,14 berada pada kategori cukup baik yang terletak pada
interval antara 45-52. Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 9,003164015 >
Ftabel sebesar 4,139252454, serta uji Thitung sebesar 6,717513669 > Ttabel sebesar
1,37115377. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan manajemen waktu dengan prestasi belajar.