Abstract :
Penelitian ini membahas tentang urgensi penerapan manajemen guru kelas
dalam meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma?arif Desa
Panyiwi Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen guru kelas serta untuk mengetahui kontrsi manajemen guru
kelas dalam meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma?arif Desa
Panyiwi Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriptif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan pedagogik. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen guru kelas di MTs Al-
Ma?arif Desa Panyiwi Kabupaten Bone dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari
beberapa pelaksanaan dimensi dari manajemen kelas yakni (a) Aspek planning guru
merumuskan tujuan pembelajaran; (b) Aspek organizing penggunaan metode
pembelajaran yang disesuaikan dengan bahan pelajaran; (c) Aspek actuating
terjadinya hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan antara
siswa dengan siswa; (d) Controling terciptanya kondisi kelas kondusif dan suasana
belajar yang aman dan nyaman untuk siswa. 2) Kontrsi manajemen guru kelas dalam
meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma?arif Desa Panyiwi
Kabupaten
Bone,
hal
ini
dapat
dilihat
dari
beberapa
dimensi
yakni
(a) Perencanaan, guru merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan kriteria dan
sesuai prosedur yang telah ditentukan; (b) Pelaksanaan, guru membina komunikasi
yang baik antara siswa dan guru dilakukan dengan beberapa langkah yakni
menyesuaikan dengan karakter siswa, menggunakan pola komunikasi dari berbagai
arah, menghargai setiap siswa, menggunakan bahasa baik, memahami kondisi siswa,
menerapkan sikap yang baik; (c) Evaluasi, dilakukan dengan tes lisan atau tes yang
soal dan jawabannya tertulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan,
dan uraia. Tes lisan berupa pertanyaan yang diberikan guru secara ucap sehingga
peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara ucap juga.