Abstract :
Skripsi ini membahas tentang ?Urgensi Manajemen Pembelajaran Aqidah
Akhlak Terhadap Mental Spiritual Siswa Di MI Al-Muhajirin Lompu?. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni mengetahui tentang pembelajaran aqidah
akhlak, dan urgensi manajemen pembelajaran aqidah akhlak terhadap mental spiritual
siswa di MI Al-Muhajirin Lompu.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian ialah pendekatan manajemen,
sosiologis. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat umum dan selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pembelajaran akidah akhlak
di MI Al-Muhajirin Lompu materinya adalah rukun iman, syahadat, hidup bersih,
kasih sayang, dan hidup rukun serta hidup kotor yang dikhususkan untuk kelas I dan
IV. Kepala madrasah dan guru akidah akhlak telah melakukan berbagai cara agar
pembelajaran akidah akhlak dapat meningkatkan mental spiritual siswa MI Al-
Muhajirin Lompu. Salah cara yang dilakukan yaitu menggunakan metode
pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Kedua, pembelajaran aqidah
akhlak sangat berperan penting dalam meningkatkan mental spiritual siswa di MI Al-
Muhajirin Lompu. Dengan pembelajaran akidah akhlak siswa dapat memahami
tentang akhlak terpuji dan tercela, membimbing siswa ke jalan yang benar,
mengeluarkan jiwa manusia dari kegelapan, mengantarkan manusia kepada
kesempurnaan lahir dan batin, memupuk dan melahirkan kesehatan mental siswa,
memberikan pengajaran dan pendidikan ilmu tauhid, mendapat pahala dari Allah
swt. memberi pengalaman kepada siswa. peserta didik untuk memahami dan
mengimani Allah swt.