Abstract :
Skripsi ini membahas tentang, Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan
Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko
adapun tujuan penelitian yaitu: 1). Untuk mengetahui penerpan metode diskusi siswa
pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko. 2). Untuk mengetahui upaya
guru dalam pembinaan kecerdasan intelaktual siswa pada mata pelajaran SKI di MA
Ar-Raihan Lattekko. 3). Untuk mengetahui dampak penerapan metode diskusi dalam
pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada mata pelajaran SKI di MA Ar-Raihan
Lattekko.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu field research
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian
tentang
Urgensi Metode Diskusi dalam Pembinaan
Kecerdasan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko
menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode diskusi siswa pada mata pelajaran SKI di
MA Ar-Raihan Lattekko yaitu, dapat meningkatkan interaksi siswa dengan siswa
yang lain saling bertukar pikiran dalam berpendapat dan saling melengkapi dalam
kekurangan. 2). Upaya guru dalam pembinaan kecerdasan intelektual siswa pada
mata pelajaran SKI dI MA Ar-Raihan Lattekko yaitu memberikan suatu pertanyaan
kepada siswa yang jarang berbicara di dalam kelas pada saat diskusi berlangsung. 3).
Dampak positif penerapan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual
siswa pada mata pelajran SKI di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu dapat melatih
kelancaran siswa dalam berpendapat dan berinteraksi dengan teman maupun guru dan
dampak negatif penerpan metode diskusi dalam pembinaan kecerdasan intelektual
siswa di MA Ar-Raihan Lattekko yaitu ada beberapa siswa yang hanya saja berdiam
pada saat diskusi berlangsung tanpa memperhatikan materi yang diajarkan atau
pendapat temannya sehingga mempersulit guru dalam menjelaskan ulang materi di
sampaikan atau yang didiskusikan oleh temannya.
xvii
Impikasi pembahasan skripsi ini yaitu diharapkan kepada siswa untuk
memperhatikan materi yang didiskusikan agar lebih fokus dalam menerima materi
pelajaran, Di harapkan kepada guru SKI untuk senantiasa membina siswa secara
optimal mengenai pembinaan kecerdasan inteketual siswa. Pembinaan oleh guru
diharapkan bukan hanya sebatas menyampaikan materi, tetapi guru harus mampu
memberikan teladan yang baik kepada siswa.