Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai?Strategi Guru Dalam Menerapkan kurikulum
2013 Untuk meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab? Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni Strategi apa yang digunakan Guru bahasa Arab dalam
menerapkan kurikulum 2013.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Strategi Guru dalam penerapan
kurikulum 2013 Mts Ma?had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone mempunyai 2 langkah :
satu : penyusunan strategi, Strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu
perencanaan yang dibuat oleh Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran guna
tercapainya tujuan yang diharapkan, dalam mengatur strategi Guru juga harus
menyesuaikan dengan RPP dan Silabus Kurikulum 2013. Dua : Pelaksanaan Strategi,
Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab, guru selalu berusaha menyesuaikan
pembelajaran yang tepat dengan materi yang akan dipelajari sehingga siswa dapat
memperoleh pengetahuan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
xi
Dan pelaksanaan terlebih dahulu kita harus tahu strategi apa yang digunakan dalam
penerapan kurikulum 2013, dan Adapun strategi kurikulum 2013 : Strategi
pembelajaran CTL, strategi pembelajaran kooperatif, dan strategi pembelajaran
PAKEM. Guru bahasa Arab Mts Ma?had Hadis Al-Junaidiyah Biru Bone dalam
memberikan materi
menggunakan juga strategi yaitu
3 strategi : Strategi
Pembelajaran Mufrodat, Strategi Pembelajaran Kitabah, Strategi Pembelajaran
Qira?ah. Kedua Faktor yang mempengaruhi Strategi tersebut, Faktor Guru, Faktor
Siswa dan Faktor Sarana dan Prasarana.