Abstract :
Skripsi
ini
membahas
urgensi
strategi
pengembangan
kecerdasan
interpersonal pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah
Ibtidaiyah Baitul Hamdi dan bentuk strategi pengembangan kecerdasan interpersonal
siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan paedagogis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kecerdasan interpersonal pada
mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Baitul Hamdi Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone yaitu: Pertama Kecerdasan Interpersonal siswa MI Baitul
berkembang dapat dilihat dari berinterkasi berkomunikasi dan bekerjasama dengan
temannya pada saat pembelajaran berlangsung, dengan adanya mata pelajaran IPS
juga dapat membantu pengembangan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV MI
Baitul Hamdi. Melalui pembelajaran IPS siswa akan lebih mengenal tentang
lingkungan sekitar mereka, dengan memberikan contoh- contoh yang ada di sekitar
mereka. Kedua pengembangan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran
diwujudkan dengan dua strategi pengembangan untuk mengembangkan kecerdasan
interpersonal siswa sebagai berikut: startegi jigsaw dan strategi kelompok. Dengan
penggunaan strategi jigsaw dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang
saling bekerjasama, berinteraksi satu sama lain sedangkan strategi kelompok
dilakukan secara bersama-sama mementingkan unsur interaksi kebersamaan dapat
mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa.