DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 70 LAMURUKUNG KABUPATEN BONE
Total View This Week0
Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
Risna, .
Subject
Skripsi 
Datestamp
2022-06-02 06:46:00 
Abstract :
Skripsi ini membahas, Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone, hal yang penting dikaji skripsi ini yaitu penerapan model pembelajaran tutor sebaya serta faktor pendukung dan penghambat pada pembelajar matematika di kelas V. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik, psikologis dan sosiologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone, pertama,Penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone sudah diterapkan dengan pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center learning). Model ini diterapkan oleh guru matematika dan guru kelas di SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone akan tetapi dalam penerapanya masih ada kendala baik dari guru maupun dari siswa.Kedua,faktor pendukung dari penerapan model pembelajaran tutor sebaya meliputi interaksi antara guru dan siswa, minat siswa dan kenyamanan siswa , sedangkan faktor penghambat dari penerapan model pembelajaran tutor sebaya meliputi kurangnya persiapan tutor, kondisi siswa dalam kelas dan sarana dan prasarana yang belum memadai. 
Institution Info

Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)