Abstract :
Skripsi ini membahas, Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada
Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone, hal
yang penting dikaji skripsi ini yaitu penerapan model pembelajaran tutor sebaya serta
faktor pendukung dan penghambat pada pembelajar matematika di kelas V.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik,
psikologis dan sosiologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tutor
sebaya pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 70 Lamurukung Kabupaten
Bone, pertama,Penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran
matematika kelas V di SDN 70 Lamurukung Kabupaten Bone sudah diterapkan
dengan pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center learning).
Model ini diterapkan oleh guru matematika dan guru kelas di SDN 70 Lamurukung
Kabupaten Bone akan tetapi dalam penerapanya masih ada kendala baik dari guru
maupun dari siswa.Kedua,faktor pendukung dari penerapan model pembelajaran
tutor sebaya meliputi interaksi antara guru dan siswa, minat siswa dan kenyamanan
siswa , sedangkan faktor penghambat dari penerapan model pembelajaran tutor
sebaya meliputi kurangnya persiapan tutor, kondisi siswa dalam kelas dan sarana dan
prasarana yang belum memadai.