Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur?an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24
Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Hal penting yang
dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana Peranan serta faktor Pendukung dan
Penghambat Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi
Membaca Al-Qur?an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan
Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Untuk memudahkan pemecahan masalah
tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan
pendekatan
teologis normatif,
paedagogis,
psikologis
dan
sosiologis dengan
menggunakan teknik observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan
tahap verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peranan guru
pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada
siswa kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone yaitu sudahbaik, dimana guru pendidikan agama islam telah
melaksanakan beberapa kegiatan yang menunjang peranannya dalam meningkatkan
motivasi membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V. Adapun peranannya antara
lain memberikan wejangan, memberikan hadiah (reward), memberikan hukuman
(punishment), penggunaan media pembelajaran, senandung asmaul husna dan lagu
anak sholeh ?rajin mengaji?, menciptakan kondisi yang baik didalam kelas,
melaksanakan literasi Al-Qur?an, dan melaksanakan uji kompetensi bebas buta aksara
Al-Qur?an.
Kedua faktor pendukung dan penghambat peranan guru pendidikan agama
islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V
di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung peranan guru
pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada
siswa kelas IV dan V yaitu berasal dari motivasi siswa itu sendiri, sarana dan
prasarana yang tersedia serta dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor
penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi
membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V yaitu keterbatasan waktu dan
minimnya guru pendidikan agama islam serta perbedaan intelegensi dan latar
belakang siswa.