DETAIL DOCUMENT
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DAN V DI SDN 24 MACANANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE
Total View This Week0
Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
Zakinah, Ayu
Subject
Skripsi 
Datestamp
2022-06-03 07:07:52 
Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur?an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana Peranan serta faktor Pendukung dan Penghambat Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur?an Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan teologis normatif, paedagogis, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu sudahbaik, dimana guru pendidikan agama islam telah melaksanakan beberapa kegiatan yang menunjang peranannya dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V. Adapun peranannya antara lain memberikan wejangan, memberikan hadiah (reward), memberikan hukuman (punishment), penggunaan media pembelajaran, senandung asmaul husna dan lagu anak sholeh ?rajin mengaji?, menciptakan kondisi yang baik didalam kelas, melaksanakan literasi Al-Qur?an, dan melaksanakan uji kompetensi bebas buta aksara Al-Qur?an. Kedua faktor pendukung dan penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V di SDN 24 Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V yaitu berasal dari motivasi siswa itu sendiri, sarana dan prasarana yang tersedia serta dukungan dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur?an pada siswa kelas IV dan V yaitu keterbatasan waktu dan minimnya guru pendidikan agama islam serta perbedaan intelegensi dan latar belakang siswa. 
Institution Info

Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)