Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Penerapan Metode Active Learning
Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mts Daarul Quran Pajalele Kabupaten Bone.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk pelaksanaan metode active
learning pada siswa kelas VIII Mts Daarul Quran Pajalele, keaktifan belajar fikih
siswa kelas VIII Mts Daarul Quran Pajalele dan faktor pendukung dan penghambat
penerapan metode active learning Mts Daarul Quran Pajalele.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan deskriptif. Teknik pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Penerapan metode active learning
dalam pembelajaran fikih di Mts Darul Quraan Pajalele Kabupaten Bone. Metode ini
telah diterapkan oleh guru kelas VIII di Mts Darul Quraan Pajalele Kabupaten Bone,
dengan cara membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kemudian menyajikan
siswa pertanyaan yang kemudian diberikan kebebasan untuk mengeluarkan
pendapatnya dari pertanyaan yang diberikan dan guru menyeleksi pendapat dari
siswa, metode active learning memberikan dampak positif terhadap siswa yakni
siswa lebih siswa tetap dibimbing dengan menjelaskan poin-poin penting dalam
materi pembelajaran. 2) Keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode active
learning memberikan dampak positif terhadap siswa yakni siswa lebih aktif dalam
proses pembelajaran fikih di kelas VIII. 3) Faktor penghambat penerapan metode
active learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fikih siswa yaitu kelas yang
tidak kondusif dan daya serap siswa yang berbeda-beda, sedangkan faktor
pendukungnya yaitu besarnya antusias siswa dan semangat siswa dalam
melaksanakan pembelajaran fikih.