Abstract :
Skripsi ini membahas ?Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online di Ma As Adiyah
Mattirowalie Kabupaten Bone?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran online dan motivasi yang paling berpengaruh terhadap proses
pembelajaran online.
Untuk memperoleh data dari masalah diatas, penulis menggunakan metode
Field Research (lapangan) dengan melakukan observasi, angket dan dokumentasi.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif (statistik)
dengan menggunakan statistik uji regresi linier sederhana. Penelitian ini juga
menggunakan pendekatan pembelajaran dan psikologi belajar.
Berdasarkan hasil analisis dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang
positif kompetensi pedagogik guru (variabel X) terhadap peningkatan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran online (variabel Y) dengan hubungan antara dua
variabel sebesar 0,57. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,57, maka selanjutnya
dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,40-0,59 yang
termasuk dalam kategori sedang. Kemudian dari uji anava nilai signifikansi t sebesar
0,080 > 0,05 maka H0 diterima, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Jadi dapat
disimpulkan bahwa Kompetensi pedagogik guru (X) berpengaruh positif terhadap
peningakatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online (Y) di MA As Adiyah
Mattirowalie Kabupaten Bone, akan tetapi pengaruhnya tidak signifikan. Berdasarkan
dari hasil analisis angket, motivasi intrinsik sebesar 263 dan motivasi ekstrinsik
sebesar 280. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi yang paling berpengaruh
terhadap proses belajar siswa pada pembelajaran online adalah motivasi ekstrinsik,
seperti lingkungan, dorongan orang tua, keluarga, masyarakat, serta kualitas sarana
dan prasarana di sekolah.