Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai ada tidaknya pengaruh Teknologi Informasi dan
Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan listrik prabayar PT. PLN (persero)
Area Watampone kwh 900. Tujuan penulis dalam pengambilan judul ini yaitu untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan
baik itu secara individu maupun bersama-sama. Masalah yang harus terjawab pada
penelitian ini apakah terdapat pengaruh teknologi informasi terhadap kepuasan
pelanggan, apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan dan apakah terdapat pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan
secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar PT.PLN
(persero) Area Watampone kwh 900.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif, adapun subjek penelitian yaitu PT.PLN (persero) Area Watampone
dengan objek penelitian yaitu pelanggan yang menggunakan listrik prabayar. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi serta teknik
analisis data yang digunakan yaitu Teknik Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Teknologi Informasi dan Kualitas
Pelayanan berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pelanggan jika dilihat
secara bersama-sama. Jika dilihat secara individu Teknologi Informasi tidak
berpengaruh, hal ini disebabkan oleh beberapa factor seperti Resiko yang akan
diterima pelanggan pada saat menggunakan listrik prabayar. Dilihat dari Perspektif
Ekonomi Islam pelayanan yang baik harus didasari dengan sikap Jujur, Amanah dan
Bertanggung jawab sehingga mendapatkan kesan yang baik juga dari pelanggan.