Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai
?Penggunaan Media Poster dalam
Pembelajaran Fiqih untuk Mempermudah Pemahaman Siswa MTs Nurul Aeyn As
Adiyah Kampung Baru Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.? Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penggunaan media poster dalam pembelajaran Fiqih di
MTs Nurul Aeyn As Adiyah Kampung Baru, mengetahui pemahaman siswa pada
mata pelajaran Fiqih Mts Nurul Aeyn As Adiyah Kampung Baru serta mengetahui
kontribusi penggunaan media poster dalam pembelajaran Fiqih untuk mempermudah
pemahaman siswa MTs Nurul Aeyn As Adiyah Kampung Baru Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bone. Dengan kegunaan ilmiah yakni memberikan sumbangsi
ilmu pengetahuan tentang penggunaan media poster dalam pembelajaran fiqih untuk
mempermudah pemahaman siswa dan kegunaan praktis yakni memberikan pemikiran
dan masukan terhadap individu dan instansi yang terkait dalam merumuskan
kebijakan pembangunan masyarakat, bangsa, negara dan agama.
Guna memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Penulis menggunakan
pendekatan pedagogik dan pendekatan psikologis dengan melakukan penelitian
lapangan (field research) yang menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap
yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Penggunaan media poster
pada mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Aeyn As Adiyah telah menggunakan
beberapa langkah yaitu langkah persiapan, penyajian dan langkah lanjutan setelah
penyajian media poster. Kedua; Pemahaman siswa pada pembelajaran Fiqih di MTs
Nurul Aeyn As Adiyah Kampung Baru mengalami peningkatan baik dari segi
kognitif, afektif maupun psikomotorik. Ketiga; Kontribusi penggunaan media poster
berupa poster gerakan sholat pada mata pelajaran Fiqih mampu meningkatkan
pemahaman siswa diantaranya siswa lebih aktif bertanya, memudahkan siswa dalam
mengingat materi pelajaran Fiqih dan mampu memperagakan secara langsung sesuai
dengan poster gerakan sholat.