Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai ?Implemetasi Model pembelajaran
Cooperative Tipe Active Knowledge Sharing Dalam Meningkatkan Pemahaman
Siswa MI Nurul Hikma Pajalele?. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui tentang Peran Model pembelajaran dan konstribusi Metode
pembelajaran setelah menerapkan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan
pemahaman siswa kelas VI pada mata pelajaran Al-Qur?an Hadis di MI Nurul Hikma
Pajalele Kec.Tellusiattinge Kab.Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis,
paedagogis, psikologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk model pembelajaran yang
digunakan MI Nurul Hikma Pajalele adalah Cooperative Tipe Active Knowledge
Sharing. Model pembelejaran ini sangat membantu peserta didik dalam memahami
materi pembelajaran selain itu guru lebih dekat berinteraksi ataupun adanya feed back
antara peserta didik dan pendidik. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan adanya
kemampuan siswa memberikan pendapat dan menjelaskan sebuah materi dari hasil
kerja sama atapun saling bertukar fikiran dengan sesama peserta didik,dapat dilihat
dari aspek pengetahuan dan motivasi yang membuat siswa lebih bersemangat dalam
proses pembelajaran dan lebih mudah memahami pelajaran dengan adanya model
pembelajaran diterapkan kepada siswa sebagai bekal yang akan berguna bagi siswa
dimasa yang akan datang.