Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Ungensi Peran Serta Komite Sekolah dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs As?Adiyah 39 Itterung Kecamatan
Tellusiattingge Kabupaten Bone. Hal yang penting dibahas dalam penelitian ini
adalah upaya pemberdayaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan
di MTs As?Adiyah 39 Itterung Kecamatan Tellusiattingge Kabupaten Bone, fungsi
komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs As?Adiyah 39
Itterung Kecamatan Tellusiattingge Kabupaten Bone dan faktor pendukung dan
penghambat yang dihadapi komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MTs As?Adiyah 39 Itterung Kecamatan Tellusiattingge Kabupaten Bone?.
Masalah ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif
ini merupakan pendekatan yang memusatkan perhatian pada prinsip-prinsip umum
yang mendasari perwujudan sebuah makna dari gejala-gejala sosial masyarakat
untuk mendapatkan gambaran umum mengenai kategorisasi tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemberdayaan komite dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MTs As?Adiyah 39 Itterung Kecamatan
Tellusiattingge Kabupaten Bone yaitu pertama menjalankan tujuan, fungsi, peran
komite sekolah dengan semaksimal mungkin serta menjalin hubungan kerja sama
yang baik antara pihak sekolah dan komite sekolah. Kedua fungsi komite sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs As?Adiyah 39 Itterung Kecamatan
Tellusiattingge Kabupaten Bone yaitu dengan mengetahui arti penting mutu
pendidikan melalui dasar program mutu pendidikan di MTs As?Adiyah 39 Itterung
Kecamatan Tellusiattingge Kabupaten Bone, prinsip peningkatan mutu pendidikan
dan upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs As?Adiyah 39 Itterung Kecamatan
Tellusiattingge Kabupaten Bone.
Ketiga faktor pendukung pengelolaan Komite Sekolah dalam meningkatkan
mutu pendidikan di MTs As?Adiyah 39 Itterung adalah; a) Besarnya dukungan dari
wali murid, dewan guru dan kepala sekolah, b) Pengurus Komite MTs As?Adiyah
39 Itterung didominasi oleh kaum ibu-ibu, c) Pengurus Komite MTs As?Adiyah 39
Itterung adalah orang-orang yang berpendidikan, d) Pengurus Komite MTs
As?Adiyah 39 Itterung mempunyai network diperusahaan-perusahaan ternama.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Kesibukan pribadi dari masing-masing
pengurus Komite MTs As?Adiyah 39 Itterung, b) Masih adanya pengurus Komite
MTs As?Adiyah 39 Itterung yang tidak melaksanakan tugasnya, c) Kurangnya
wawasan tentang organisasi komite sekolah, dan wawasan tentang kependidikan.