DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V MI AN-NUR JAMPU KABUPATEN BONE
Total View This Week0
Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
Selpiyanti, Melda
Subject
Skripsi 
Datestamp
2022-07-04 02:46:57 
Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan linguistik dan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI An-Nur Jampu, dan apakah kecerdasan linguistik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif true eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MI An- Nur Jampu Kabupaten Bone yang berjumlah 52 orang. Sampel yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah 15 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampelnya yang dilakukan jika jumlah populasi relatif kecil atau sedikit, yaitu kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitasi data, uji homogeitas, dan uji keberartian pengaruh dengan menggunakan analisis regresi sederhana Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: kecerdasan linguistik sebelum diberi perlakuan mengenai kecerdasan linguistik (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis) dpat memberikan pengaruh yaitu terlebih dahulu dilakukan X (Kecerdasan linguistik) untk mengetahui kemampuan awal siswa sehingga diperoleh nilai rata- rata nilai X (kecerdasan linguistik) 62,466 dan dari data yang didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai X (kecerdasan linguistik). Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung 0,1963 berdistribusi normal. Dari hasil uji data X (kecerdasan linguistik) dan Y (hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia) maka di lanjutkan dengan uji homogenis kedua data tersebut menunjukkan populasi berasal dari varians yang homogen maka dapat dilakukan uji keberartian pengaruh dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan hasilnya diperoleh pesamaannya 47,547 +0,367X. Maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung?Ftabel, maka artinya H1 diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menerapkan kecerdasan linguistik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia . 
Institution Info

Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)