Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kecerdasan linguistik terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI
An-Nur Jampu Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana kecerdasan linguistik dan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik
kelas V MI An-Nur Jampu, dan apakah kecerdasan linguistik berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik
kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
true eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MI An-
Nur Jampu Kabupaten Bone yang berjumlah 52 orang. Sampel yaitu seluruh siswa
kelas V dengan jumlah 15 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
yaitu teknik penentuan sampelnya yang dilakukan jika jumlah populasi relatif
kecil atau sedikit, yaitu kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan
angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitasi data, uji homogeitas, dan
uji keberartian pengaruh dengan menggunakan analisis regresi sederhana
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan
pada bab sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
kecerdasan linguistik sebelum diberi perlakuan mengenai kecerdasan linguistik
(menyimak, membaca, berbicara, dan menulis) dpat memberikan pengaruh yaitu
terlebih dahulu dilakukan X (Kecerdasan linguistik) untk mengetahui kemampuan
awal siswa sehingga diperoleh nilai rata- rata nilai X (kecerdasan linguistik)
62,466 dan dari data yang didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai X
(kecerdasan linguistik). Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung 0,1963 berdistribusi
normal. Dari hasil uji data X (kecerdasan linguistik) dan Y (hasil belajar siswa
pada mata pelajaran bahasa Indonesia) maka di lanjutkan dengan uji homogenis
kedua data tersebut menunjukkan populasi berasal dari varians yang homogen
maka dapat dilakukan uji keberartian pengaruh dengan menggunakan analisis
regresi sederhana dan hasilnya diperoleh pesamaannya 47,547 +0,367X. Maka
dapat disimpulkan bahwa Fhitung?Ftabel, maka artinya H1 diterima dan Ho ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menerapkan
kecerdasan linguistik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia .