Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Sistem Pelayanan Perpustakaan
dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa (Studi pada SMAN 1 Watampone). Hal
yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang sistem
pelayanan perpustakaan di SMAN 1 Watampone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan pengolahan secara kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif
dan cenderung menggunakan analisis proses dan makna.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Penerapan Sistem Pelayanan
Perpustakaan dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Watampone dapat
dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat dari prosedur pelayanan perpustakaan yang
meliputi pelayanan referensi, sirkulasi dan pelayanan audio visual terhadap para
pengguna perpustakaan terlaksana dengan baik. Selain itu, prosedur peminjaman dan
pengembalian bahan pustaka tidak berbelit-belit, sistematis, transparan dan waktu
pelayanan yang relatif singkat. Prosedur pelayanan yang demikian harus
dipertahankan agar siswa tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelayanan.
Pelayanan yang baik di perpustakaan SMA Negeri 1 Watampone tidak terlepas dari
peran para petugas yang memiliki kompetensi cukup baik. Hal ini dapat terlihat pada
upaya petugas perpustakaan bertanggung jawab akan tugasnya.
Prestasi siswa di SMA Negeri 1 Watampone dapat dikatakan baik. Hal ini dapat
terlihat dari berbagai penghargaan yang diterima oleh para siswa di SMA Negeri 1
Watampone. Berbagai penghargaan tersebut tidak terlepas dari peran para guru dalam
membimbing dan mengarahkan para peserta didik untuk selalu berupaya menambah
ilmu pengetahuan.