Abstract :
Skripsi ini membahas tentang peran manajemen sumber daya manusia dalam
meningkatkan mutu pelayanan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palampang
Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peran manajemen
sumber daya manusia di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palampang Bulukumba,
2) untuk mengetahui pelayanan siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Palampang Bulukumba, dan 3) untuk mengetahui peran manajemen sumber daya
manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di Madrasah Aliyah
Muhammadiyah Palampang Bulukumba.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research), Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen. Teknik
pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data,
display data, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran manajemen sumber daya
manusia ini dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat dari strategi-strategi yang
dilakukan tenaga pendidik dan kependidikan baik dalam proses pembelajaran maupun
di luar ruangan. 2) Mutu pelayanan siswa dilihat dari segi dimensinya yaitu bukti
fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dalam sebuah lembaga
pendidikan. Dengan segala kekurangan sarana dan prasarana tersebut tenaga pendidik
dan kependidikan mampu memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di
madrasah tersebut. 3) Peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan
mutu pelayanan siswa itu tenaga pendidik dan kependidikan menggunakan segala
cara untuk memberikan layanan yang baik kepada siswa, baik dari segi keandalan dan
lain sebagainya. Seperti pada layanan laboratorium MIPA, tenaga pendidik dan
kependidikan menyediakan ruangan darurat untuk melaksanakan proses pembelajaran
MIPA di madrasah tersebut.