Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Perubahan Kurikulum 2013
dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe Kabupaten
Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan
prestasi belajar siswa selama menggunakan kukirikulum 2013 di SMP Negeri 2 Dua
Boccoe Kabupaten Bone.
Jenis
penelitian
yang digunakan dalam
penelitian ini
yaitu
data
kualitatif.Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dan manajemen. Dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP
Negeri 2 Dua Boccoe Kabupaten Bone terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil
observasi dan penelitian terlihat dari usaha tenaga pendidik dalam mendidik
siswanya, serta rasa kepemilikan dari tenaga pendidik terhadap tugas yang diberikan
dan melaksanakannya dengan baik. Selain itu kepala sekolah juga sangat berperan
penting dalam memantau pelaksanaan proses pembelajaran untuk mengetahui sejauh
mana peningkatan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. 2) Strategi dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe Kabupaten Bone
berdasarkan hasil observasi dan penelitian manunjukkan bahwa, strategi yang
dilakukan oleh guru yaitu memberikan dorongan, tutuntunan dan motivasi kepada
peserta didik. Selain itu sekolah telah menfasilitasi berbagai sarana dan prasarana
yang digunakan oleh peserta didik untuk meningkatkan bakat atau prestasi yang
mereka miliki. 3) Implementasi perubahan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan
pretasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe Kabupaten Bone, berdasarkan
hasil observasi dan penelitian bahw dalam kurikulum 2013 untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa ada dua faktor utama yang mempengaruhi pencapaian prestasi
belajar siswa yaitu, faktor internal (kesehatan fisik, psikologis dan motivasi), faktor
eksternal (lingkungan fisik sekolah, lingkungan sosial keluarga, dan lingkungan
sosial kelas).