Abstract :
Skripsi ini bertujuan untuk membahas tentang pengaruh manajemen sarana
dan prasarana terhadap kemampuan mengajar tenaga pendidik di MI Tunas Harapan
Sugiale. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
kualitas manajemen sarana dan prasarana serta kualitas mengajar tenaga pendidik di
MI Tunas Harapan Sugiale. 2) Apakah ada hubungan ketergantungan antara
peningkatan mengajar tenaga pendidik dengan manajemen sarana dan prasarana di
MI Tunas Harapan Sugiale.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen, pendekatan sosiologis,, pendekatan padagogik dan pendekatan psikologi.
Penelitian ini menggunakan data primer (teknik observasi, teknik wawancara, dan
keusioner) dan data sekunder (perpustakaan dan jurnal). Data yang diperoleh diolah
menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang pengaruh
manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan mengajar tenaga pendidik.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif dan analisis
resgresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di
MI Tunas Harapan Sugiale berada pada kategori sedang. Hal ini sesuai dengan hasil
analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 16 responden mengenai manajemen
sarana dan prasarana. Rata-rata jawaban responden adalah 114,50, berada pada
kategori sedang dengan interval antara 106 < X ? 123. Sedangkan kemampuan
mengajar tenaga pendidik di MI Tunas Harapan Sugiale adalah berada pada kategori
sedang. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 16
responden mengenai kemampuan mengajar tenaga. Rata-rata dari jawaban responden
adalah 121,81, berada pada interval antara 112 < X ? 131. Berdasarkan hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kedua
variabel yaitu variabel manajemen sarana dan prasarana (X) dan kemampuan
mengajar (Y). Berdasarkan dari analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan
bahwa diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang artinya nilai kurang dari 0,05.
Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak. Jadi hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan atau positif
manajemen sarana dan prasarana dengan kemampuan mengajar tenaga pendidik di
MI Tunas Harapan Sugiale diterima.