Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai tata tertib perpustakaan dalam mewujudkan
kenyamanan membaca siswa di SMPN 3 Tellu Siattinge Kab. Bone. Hal penting yang
akan dibahas dalam skripsi ini adalah bentuk tata tertib perpustakaan di SMPN 3
Tellu Siattinge Kab. Bone, Bagaimana wujud kenyamanan membaca siswa di SMPN
3 Tellu Siattinge Kab. Bone dan bagaimana kontribusi penerapan tata tertib
perpustakaan dalam mewujudkan kenyamanan membaca siswa di SMPN 3 Tellu
Siattinge Kab. Bone.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian yaitu jenis penelitian
kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan manajemen,
pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis. penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi titik teknik
pengumpulan dan analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tata tertib perpustakaan di SMPN
3 Tellu Siattinge, meliputi waktu berkunjung dari pukul 07.30 s/d 12.30, peminjaman
buku paket dan buku fiksi seperti novel dan cerita rakyat, pengembalian buku paket
selama 1 tahun dan pengembalian buku fiksi paling lambat dua hari, penggunaan
fasilitas yang tersedia dan sanksi bagi siswa yang melanggar aturan tata tertib
perpustakaan sekolah. Wujud kenyamanan membaca siswa di SMPN 3 Tellu
Siattinge sudah mewujudkan kenyamanan membaca karena terlihat dari siswa yang
ketika memiliki jadwal kosong ini ke perpustakaan untuk menghabiskan waktu
luangnya membaca ataupun mengerjakan tugas karena di perpustakaan adalah tempat
yang nyaman untuk membaca dan mengerjakan tugas apalagi ditunjang yang dengan
berbagai fasilitas yang memadai , seperti AC dan kipas angin yang tertempel di
dinding menambah kesan kenyamanan untuk siswa wa wa-nya yang berada di
perpustakaan. kontribusi penerapan tata tertib perpustakaan dalam mewujudkan
kenyamanan membaca siswa di SMPN 3 Tellu Siattinge, yaitu kontribusi pemustaka
dan guru mata pelajaran bekerja sama dalam memberikan pemahaman Man
mengenai tata tertib perpustakaan agar siswa dapat mewujudkan kenyamanan
membaca dan konstribusi pemustaka dengan siswa, yaitu dimana pemustaka yang
selalu memberikan semangat dan motivasi melalui berbagai bacaan dan poster yang
tertempel di dinding dan siswa yang merasa termotivasi dan nyaman berada di
perpustakaan untuk membaca maupun mengerjakan tugas dan kerjasama terkait tata
tertib perpustakaan di mana pemustaka yang selalu memperingati akan pentingnya
tata tertib demi kenyamanan siswa dan siswi yang dengan penuh kesadaran mematuhi
tata tertib yang berlaku di perpustakaan sekolah.