Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran penjualan ikan bandeng
dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone menurut perspektif ekonomi Islam.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data primer
yang diperoleh langsung dari pelaku usaha ikan bandeng di Desa Pasaka Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen resmi yang
mendukung data-data penelitian yang dapat berupa jurnal, artikel, peraturan-peraturan
hukum, serta dokumentasi lapangan. Metode pengumpulan data yaitu meliputi
observasi, dokumentasi dan wawancara, yang selanjutnya data yang terkumpul
dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian lapangan yang dilakukan pada pelaku budidaya ikan bandeng di Desa
Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone bahwa strategi pemasaran yang
diterapkan dalam kegiatan penjualan guna meningkatkan pendapatan keluarga adalah
dengan bauran pemasaran atau mix marketing, seperti product (produk), price
(harga), place (saluran distribusi), dan promotion (promosi). Dari strategi pemasaran
yang diterpkan tersebut mampu meningkatkan pendapatan keluarga sehingga dapat
memenuhi kebutuhan keluarga, seperti kebutuhan makan, biaya pendidikan, serta
kebutuhan kesehatan keluarga. Namun, penerapan strategi pemasaran yang dilakukan
oleh pelaku budidaya ikan bandeng tersebut menghadapi kendala, seperti kelemahan
dalam memperoleh modal usaha, kondisi jalan dekat usaha yang rusak, ancaman
pesaing baru, harga pakan ikan yang mahal, serta iklim yang tidak menentu.