Abstract :
Skripsi ini berjudul strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak mulia siswa kelas V di
SD Inpres 5/81 Cani Sirenreng. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui tentang bagaimana bentuk strategi guru pendidikan agama dalam pembinaan akhlak
mulia siswa dan faktor penghambat dan faktor pendukungnya di SD Inpres 5/81 Cani Sirenreng.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut diatas, penulis menggunakan metode
field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data dengan datang secara langsung ke
lokasi penelitian dan metode library research yakni pengumpulan data dari berbagai macam
literatur, dan buku yang berkaitan dengan judul skripsi. Bertujuan untuk memperoleh data primer
dan data sekunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa
fakta yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang bersifat umum dan dianalisis
untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian dari peneliti terkait strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak mulia
siswa kelas V di SD Inpres 5/81 Cani Sirenreng. Yakni 1) bentuk pembinaan akhlak mulia
siswa kelas v melalui pendidikan secara langsung adalah: a. keteladanan b. Anjuran c. latihan d.
pembiasaan kemudian melalui pendidikan secara tidak langsung yakni: a. larangan b. Koreksi
dan pengawasan c. hukuman. 2) faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembinaan
akhlak mulia siswa adalah a. faktor adanya kerja sama antar guru di sekolah b) teman sebaya.
Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah a) latar belakang siswa b) kerja sama dengan
orang tua siswa.