Abstract :
Skripsi ini membahas tentang ?Penggunaan Media Pembelajaran Video
Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Walimpong Kec. Marioriwawo Kab.
Soppeng?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media
pembelajaran video animasi dalam mata pelajaran SKI, motivasi belajar siswa
pada proses pembelajaran SKI, dan kontribusi media pembelajaran video animasi
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs DDI
Walimpong Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan
yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kusioner. Data yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan normatif,
paedagogis dan psikologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan media
pembelajaran video animasi dari tahap perencanaan sampai dengan tahap
pelaksanaan dalam kategori baik. Penggunaan video animasi pada siklus I dan II
dilakukan dengan cara yang sama yaitu peneliti memperlihatkan sebuah video
animasi kemudian video tersebut dikaitkan dengan materi ajar SKI. Kedua,
Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media video
animasi pada siklus I dan II yang dibuktikan dengan siswa sudah fokus, semangat,
dan aktif bertanya dalam proses pembelajaran SKI. Ketiga, Hasil observasi dan
kuesioner mengenai motivasi belajar dengan indikator ketekunan belajar, minat
dan perhatian siswa dan mandiri dalam belajar mengalami peningkatan sampai
dengan 90%. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada kontribusi dari penggunaan
media pembelajaran video animasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran SKI di kelas VIII MTs DDI Walimpong.