Abstract :
Skripsi ini membahas tentang ?Peran Guru PAI Membina Akhlak Siswa
Dalam Implementai Nilai Karakter Religius Di SMPN 3 Ajangale Kecamatan Amali
Kabupaten Bone?. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu strategi
guru PAI membina akhlak siswa, dampak membina akhlak siswa dalam implementasi
nilai karakter religius, faktor penghambat, pendukung dan solusi membina akhlak
siswa dalam implementasi nilai karakter religius di SMP Negeri 3 Ajangale. Metode
penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
paedagogis dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama strategi guru PAI membina
akhlak siswa di SMP Negeri 3 Ajangale menggunakan beberapa metode yaitu metode
uswah (teladan), mumarasah (pembiasaan), mau?izhah (nasehat), qishah (cerita), dan
metode hukuman.
Kedua dampak membina akhlak siswa dalam implementasi nilai karakter
religius yaitu setelah adanya pembinaan akhlak siswa semakin taat pada perintah
Allah dan guru, menjunjung tinggi kesopanan, dan
rasa
saling tolong
menolongnyapun semakin tinggi.
Ketiga faktor penghambat dalam implementasi nilai karakter religius
membina akhlak siswa yaitu kurangnya alokasi waktu pembelajaran PAI, pengaruh
arus globalisasi dan IPTEK, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Sedangkan, faktor pendukungnya yaitu kompetensi guru PAI, kepemimpinan kepala
sekolah, dan lingkungan masyarakat yang baik. Adapun solusi yang diberikan yaitu
memanfaatkan kegiatan ekstrakulikuler, tidak membawa barang-barang elektronik
termasuk mengakses internet kecuali ada tugas dari guru, dan sangat penting pihak
sekolah melengkapi sarana dan prasarananya agar pembinaan akhlak dapat berjalan
dengan baik.