Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran kontekstual
pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP
Negeri 1 Kajuara. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana
penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1
Kajuara? Serta bagaimana meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kajuara? Untuk memudahkan pemecahan masalah,
digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan
paedagogis, dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data)
dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Berdasakan hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama Penerapan model
pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI: studi kasus pada siswa kelas VII
di SMP Negeri 1 Kajuara yaitu dapat memudahkan peserta didik untuk memahami
dan menerapkan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta
didik memiliki semangat serta motivasi belajar untuk menemukan sendiri masalah
yang terjadi sehingga rasa ingin tahu peserta didik semakin meningkat serta dapat
mengembangkan pengetahuan yang dimilikinnya. Guru yang mampu menciptakan
susana pembelajaran yang kondusif dengan memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk menemukan dan menggali sendiri materi pelajaran kemudian materi
tersebut dikembangkan serta dikaitkan dengan dunia nyata peserta didik. Sehingga
respon peserta didik terhadap model pembelajaran kontektual cukup bagus dilihat
dari motivasi belajar siswa yang semakin aktif dalam kelas dan kemauan untuk
bertanya terhadap materi yang diajarkan.
Kedua, Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI: studi kasus
pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kajuara cukup baik hal ini sesuai dengan
respon peserta didik dalam proses belajar mengajar mereka lebih aktif dalam
menerima pembelajaran serta memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti proses
pembelajaran sehingga dapat memahami materi PAI dengan baik serta adanya
kesadaran siswa terhadap pentingnya mata pelajaran PAI karena materi yang
diajarkan berkaitan dengan kehidupan dunia dan akhirat. Dalam meningkatkan
motivasi belajar guru memberikan pujian kepada siswa yang berhasil menjawab
pertanyaan sehingga siswa semakin rajin dan aktif dalam proses pembelajaran. Guru
memberikan dorongan kepada siswa untuk bekerja sama dengan temannya apabila
mengalami kesulitan dalam belajar sehingga motivasi tersebut berdampak pada
bersemangatnya siswa dalam belajar. Dalam proses pembelajaran guru memberikan
nasehat positif terhadap peserta didik mengenai materi PAI sehingga motivasi
belajarnya akan meningkat karena kata-kata positif yang disampaikan oleh guru dapat
membangun kepercayaan diri peserta didik dan kepeduliah seorang guru dalam
proses belajar mengajar dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik.