Abstract :
Skripsi ini membahas tentang penerapan permainan Engklek dalam
mengembangkan motorik kasar anak usia dini di Taman Kanak-kanak Arhadar
Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Adapun yang menjadi masalah dalam skripsi
ini adalah bagaimana peran permainan Engklek pada anak usia dini pada kelompok B
di Taman Kanak-kanak Arhadar, dan bagaimana kemampuan motorik kasar anak
melalui permainan Engklek pada anak usia dini pada kelompok B di Taman Kanak-
kanak Arhadar yang bertujuan untuk mengetahui peran permainan Engklek pada anak
usia dini di kelompok B di Taman Kanak-kanak Arhadar, dan untuk mengetahui
kemampuan motorik kasar anak melalui permainan Engklek pada anak usia dini di
kelompok B di Taman Kanak-kanak Arhadar..
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan psikologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan motorik
kasar anak usia dini melalui permainan Engklek sangatlah efektif. Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk melakukan permainan Engklek. Selain itu guru juga
memberikan arahan tentang tata cara dalam melakukan permainan Engklek.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan motorik kasar anak
di Taman Kanak-kanak Arhadar permainan Engklek sangatlah efektif, dan dampak
dari permainan Engklek sangatlah besar dalam mengembangkan motorik kasar anak
usia dini. Hal ini dapat dilihat dari sebelum guru menerapkan permainan Engklek
dalam mengembangkan motorik kasar belum berkembang dengan baik, namun
setelah menerapkan permainan Engklek kemampuan motorik kasar anak usia dini
berkembang dengan baik.