Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Kualitas pelayanan
terhadap konsumen pengguna grab di kelurahan malimongan baru kota makassar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan penelitian
lapangan yang berupa observasi, kuesioner, dan juga dokumentasi. Jumlah populasi
penelitian adalah sebanyak 100 orang dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang
pelanggan grab di Kelurahan Malimongan Baru. Metode analisis yang digunakan
didalam penelitian ini adalah metode Regresi Linear Sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan dari pengujian melalui
program IBM SPSS 21 yang digunakan untuk menganalisis data. yakni menyebar
kuisioner kepada konsumen Grab yang ada di kelurahan malimongan baru kota
Makassar, dan diuji melalui program IBM SPSS 21,Kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen Grab yang ada di kota Makassar, sangat kuat dilihat
dari hasil uji regresi sederhana dengan dengan hasil persamaan Y= 0,545 + 0,202 X +
e yang menunjukkan konstanta positif yang memiliki arti apabila nilai X dan Y sama
dengan nol atau tetap maka Y sama dengan 0,545. Hal ini juga didukung dengan hasil
koefisien korelasi (Uji R) sebesar 61 % dan juga dilihat dari hasil validitas pada
variabel kualitas pelayanan (X), dan kepuasan konsumen (Y).