Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai ? Peran Manajemen Sarana dan Prasarana
dalam Membangun Kemandirian Belajar Peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone?. Hal ini yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang peran manajemen sarana dan prasarana dalam
membangun kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
penelitian kualitatif (qualitative research). Dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif ualitatif yaitu dengan reduksi data.Penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peran manajemen sarana dan prasarana dalam
membangun kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone dilakukan dengan perencanaan, pengadaan,
penyaluran,
inventarisasi,
pemeliharaan,
penyimpanan,
penghapusan
dan
pengawasan. Adapun yang menjadi dasar untuk membangun kemandirian belajar
peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone
haru mememunihi aspek yaitu: 1) Metakognitif, yaitu kemampuan peserta didik
untuk belajar mandiri. 2) Motivasi yaitu memberikan dorongan dan semangat untuk
belajar mandiri. 3) Perilaku yaitu, mengatur diri dan memanfaatkan lingkungan.
Adapun kontribusi
Manajemen Sarana
dan Prasarana dalam Membangun
Kemandirian Belajar Peserta Didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone, yaitu dengan adanyan fasilitas sarana dan prasarana yang
tersedia dapat membangun kemandirian belajar peserta didik dengan memanfaatkan
fasilitas yang disediakan oleh sekolah.