Abstract :
Skripsi ini membahas tentang ?Peran Guru Akidah Akhlak Dalam
Pencegahan Sifat Rakus Terhadap Siswa Di Mts Ddi Al Izza Sanrego?.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field research (lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Kemudian dilakukan suatu penelitian yang menghasilkan data secara
deskriptif (penggambaran) berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap
perilaku orang yang dicermati. Penelitian ini menggunakan pendekatan teologi
normatif, psikologis dan pedagogik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Pelaksanaan Peran Guru Akidah
Akhlak di MTs DDI Al-Izza Sanrego dilakukan dengan baik yakni guru menerapkan
dirinya (a) Sebagai pendidik dengan senantiasa memberikan nasehat dan arahan
kepada peserta didiknya untuk melakukan kebaikan, (b) sebagai pembimbing artinya
mengarahkan peserta didik ketika mengalami kesulitan baik dalam pembelajaran
maupun dalam pendidikan akhlak, (c) Motivator yaitu guru harus memiliki
kemampuan dalam memberikan motivasi kepada peserta didik. Karena keberhasilan
seorang anak tidaklah ditentukan sepenuhnya oleh intelegensi peserta didik akan
tetapi juga ditentukan akhlak dalam bertingkah laku, (d) Teladan yakni menjadi
model dalam rangka membentuk akhlak mulia bagi siswa yang diajar. (2) Cara
mencegahan sifat rakus pada siswa di MTs DDI Al-Izza Sanrego yaitu: (a)
Pengalaman yang identik dengan pembiasaan yakni peserta didik langsung dianjurkan
untuk melakukan tindakan secara nyata, misalnya dianjurkan untuk membantu teman
yang terkena musibah. (b) Pembiasaan, Metode ini dianggap efektif dalam
merealisasikan tujuan yang diharapkan terutama untuk pembentukan karakter siswa
yakni memiliki generasi yang seimbang, cerdas, kreatif perilakunya, dan mulia
perangainya dan termasuk tidak memiliki sifat rakus. (c) menerapkan keteladanan
dalam mendidik peserta didik karena mereka menyadari bahwa guru adalah figur
utama sehingga mereka harus menamppak karakter yang baik yang bisa menujukkan
keteladan kepada peserta didik dalam mencegah sifat rakus. (3) Konstribusi guru
Akidah akhlak dalam pencegahan sifat rakus pada siswa di MTs DDI Al-Izza
Sanrego yaitu ketika guru berhasil mencegah sifat rakus pada peserta didik maka
tentunya akan melahirkan generasi yang memiliki karakter yang baik kepada sesame
yaitu memiliki karakter sikap sosial yang baik yaitu tidak kikir dibiasakan dengan
saling membantu kepada teman yang terkena musibah, tidak pelit informasi dilakukan
dengan mengadakan kerjasama kelompok, tolong menolong dalam kesusahan, sering-
sering mengadakan diskusi kelas agar bisa saling menghargai pendapat sesama dan
sikap religious yakni memiliki sifat yang meneggakan keadilan dan disiplin tinggi
sangat penting karena merupakan kunci suatu kesuksesan.