Institusion
Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN BONE)
Author
AZ-ZAHRA, NUR MUTIA ANANDA
Subject
Skripsi
Datestamp
2022-08-29 01:17:48
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang penerapan metode pembelajaran everyone
is teacher here dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran fikih kelas XI Ma Baytul Mukarromah Kec. Tanete Riattang Barat Kab.
Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan
metode pembelajaran everyone is teacher here, dan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran
everyone is teacher here pada mata pelajaran fikih kelas XI MA Baytul Mukarromah.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan paedagogik. Dengan menggunakan teknik observasi, tes,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
komparatif dan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode pembelajaran everyone is
teacher here dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan, penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here pada mata
pelajaran Fikih kelas XI dapat meningkatkan kemapuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa di MA Baytul Mukarromah. Hal ini dapat dilihat dari, 1) Pada tahap
siklus pertama, proses penelitian masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan belum
terbiasanya peserta didik dalam menggunakan metode pembelajaran everyone is
teacher here selama proses pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran yang
digunakan oleh peneliti. 2) Pada tahap siklus 2, proses penelitian telah berjalan
dengan baik dan peserta didik telah memahami prosedur metode pembelajaran
everyone is teacher here dengan melihat hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar siswa yang berkembang secara signifikan. 3) Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilaksanakan, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 85 dan persentase 86%. Pada
pratindakan nilai rata-rata siswa yaitu 38 dengan persentase 7,14% siswa yang hanya
berkemampuan berpikir kritis, setelah diberikan tindakan dengan menggunakan
metode pembelajaran everyone is teacher here pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
siswa 58,2 dengan persentase 50% siswa yang cukup berpikir kritis. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata siswa 85 dengan persentase 86% siswa yang sangat berpikir
kritis dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan serta telah
mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah
bekerjasama dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa sehingga
mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.